Senin, 03 Juni 2013

Strategi Pembelajaran : Picture and Picture

Strategi pembelajaran picture and picture dapat digunakan untuk materi pembelajaran yang berkarakteristik mengurutkan. Dengan menggunakan strategi ini, guru dapat mengetahui sejauh mana siswa memahami dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Langkah-Langkah Pembelajaran:
1.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan belajar mengajar di awali dengan menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pertemuan tersebut

2.  Guru menjelaskan materi
Guru menjelaskan teori singkat yang berkaitan dengan tujuan pembelajaran sebagai materi pengantar. Guru juga memperlihatkan gambar-gambar yang digunakan sebagai penunjang dalam memahami suatu materi. 

3.  Guru memanggil siswa untuk memasang gambar
Guru memanggil siswa untuk memasang gambar sesuai dengan urutan logis berdasarkan teori yang telah dijelaskan guru.

4.  Siswa memasang gambar secara berurutan
Ketika memasang dan mengurutkan gambar, siswa memberikan alasan/ dasar pemikiran dari urutan-urutan gambar tersebut.

5.  Guru menanamkan konsep/ materi sesuai tujuan pembelajaran
Guru dapat  mengetahui sejauh mana siswa memahami suatu materi dan mencapai tujuan pembelajaran yang dicapai berdasarkan alasan yang diberikan siswa ketika mengurutkan gambar. Guru dapat membenarkan, memperbaiki dan menambahkan alasan-alasan yang setelah siswa mengurutkan gambar tersebut. Disinilah, guru dapat menanamkan konsep/ materi sesuai dengan tujuan pembelajaran.

6.  Kesimpulan/ Rangkuman
Guru mengarahkan siswa dalam membuat kesimpulan sesuai dengan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut.

Contoh materi yang dapat menggunakan strategi pembelajaran picture and picture:
1.  Sifat periodik unsur
2.  Kenaikan titik didih senyawa berdasarkan gaya tarik antar molekul

Tidak ada komentar :

Posting Komentar