Minggu, 02 Juni 2013

Strategi Pembelajaran: Numbered Heads Together

Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (Kepala Bernomor) dikemukakan oleh Spencer Kagan tahun 1992. Strategi ini diharapkan agar semua siswa berperan aktif dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Serta untuk mencegah tugas yang diberikan guru hanya dikerjakan dan dipahami beberapa siswa sedangkan yang lainnya pasif dan tidak memahami. 


Langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut:

1.  Pembentukan kelompok siswa
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok dan setiap siswa dalam setiap kelompok mendapatkan nomor

2.  Pemberian tugas kelompok oleh siswa
Guru memberikan tugas kepada masing-masing kelompok dan memberikan waktu untuk mendiskusikan dari pertanyaan

3.  Diskusi kelompok
Kelompok mengerjakan dan mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok mengerjakan, mengetahui dan memahami jawaban dari setiap pertanyaan. Sehingga tidak ada satupun dari anggota kelompoknya tidak mengetahui/ memahami jawaban dari tugas yang diberikan. Dengan strategi ini siswa yang mempunyai kemampuan lebih dapat membimbing temannya yang lemah.

4.  Guru memanggil siswa
Guru memanggil salah satu nomor. Siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan dan menjelaskan hasil kerjasama mereka di depan kelas. 

Dengan strategi pembelajaran numbered heads together diharapkan seluruh siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan baik siswa yang mempunyai kemampuan lebih maupun yang lemah. Strategi ini cocok untuk materi pembelajaran yang membutuhkan pemecahan masalah. Misalnya dalam materi stoikiometri, larutan, kesetimbangan kimia.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar