Jumat, 24 Mei 2013

Strategi Pembelajaran: EXAMPLES DAN NON EXAMPLES

Strategi pembelajaran examples dan non examples cocok digunakan jika tujuan pembelajarannya adalah eksplorasi suatu kasus atau gambar. Dengan strategi ini siswa dapat memperoleh pengalaman belajar yang lebih mendalam dan lebih kompleks.

Langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut:

1.  Guru mempersiapkan gambar-gambar untuk dieksplorasi siswa
Gambar yang disediakan guru bisa berupa potongan-potongan gambar yang dibagikan ke siswa atau berupa slide gambar yang ditampilkan di OHP/ proyektor.

2.  Guru mengarahkan siswa dalam mengeksplorasi gambar tersebut
Arahan dari guru berisi pertanyaan-pertanyaan eksplorasi gambar tersebut

3.  Guru memberikan kesempatan siswa untuk memperhatikan dan menganalisa gambar
Siswa dapat membawa referensi yang dibutuhkan dalam mengeksplorasi gambar. Referensi tersebut berupa kamus, buku-buku atau encyclopedia

4.  Bentuk diskusi kelompok yang terdiri dari 2-3 orang siswa
Siswa-siswa berdiskusi dalam mengekplorasi gambar dan hasilnya ditulis pada kertas selembar

5. Tiap kelompok diberikan kesempatan membacakan hasilnya

6. Melaui hasil diskusi tersebut guru dapat menambahkan penjelasan mengenai gambar tersebut
Penjelasan dari guru dapat melengkapi informasi yang telah diperoleh siswa melalui diskusi kelompok sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

7. Bersama-sama guru, siswa menyimpulkan hasil eksplorasi gambar tersebut yang sesuai tujuan pembelajaran.


Contoh Kasus:

Pada salah satu mata pelajaran kimia kelas XII terdapat  kompetensi mengenai mendeskripsikan unsur-unsur penting di alam, pembuatan dan kegunaannya

Maka strategi pembelajarannya dapat digunakan strategi examples dan non examples, yaitu:

Guru memberikan gambar-gambar unsur yang akan dieksplorasi siswa dengan memberikan pertanyaan pengarah mengenai pembuatan dan kegunaan unsur-unsur tersebut. Kemudian pembelajaran dilakukan seperti langkah-langkah di atas.












Tidak ada komentar :

Posting Komentar