Strategi pembelajaran debate digunakan untuk memancing gagasan atau pendapat siswa terhadap suatu permasalahan yang ada serta untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa terhadap masalah tersebut.
Langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut:
1. Guru membagi dua kelompok
2. Guru memberikan tugas diskusi
Tugas diskusi ini agar kelompok pro dan kontra dapat mendalami masalah yang akan didebatkan
3. Guru menunjuk salah satu anggota kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi
Guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara mengenai pendapatnya mengapa dia pro terhadap masalah tersebut. Setelah selesai berbicara, ditanggapi atau dibalas oleh kelompok kontra. Hal ini dilakukan secara bergantian sehingga semua anggota kelompok dan sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
4. Guru menulis ide-ide yang keluar dari hasil perdebatan di papan tulis
Sementara siswa menyampaikan gagasannya, guru menulis inti/ ide-ide dari setiap pembicaraan di papan tulis. Sampai sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi.
5. Guru menambah ide/ konsep yang belum terungkap
6. Menarik kesimpulan dari hasil perdebatan
Dari data-data di papan, guru mengajak siswa membuat kesimpulan/ rangkuman yang mengacu pada tujuan pembelajaran/ standar kompetensi yang ingin dicapai.
Dalam pembelajaran kimia, strategi ini dapat digunakan untuk materi dampak penggunaan minyak bumi dan dampak penggunaan polimer.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar